KODE ERROR PRINTER CANON MP287 DAN CARA MENGATASINYA

Dokter Printer -  Printer Canon MP 287 adalah jenis printer canon multi fungsi yang banyak diminati, disamping untuk mencetak printer ini dilengkapi dengan perangkat scanner yang bisa untuk menscaner dan fotocopy dengan beaya yang lumayan murah. Printer ini juga memiliki kelebihan lain yaitu ketika printer MP287 ini mengalami masalah maka sdh dilengkapi kode kode error yang mana dengan keterangan kode kode tersebut kita lebih cepat untuk bisa mengatasi nya apabila printer tersebut Ngambek, Demam maupun Masuk Angin.... (he,,he,,he,,,).

Oke Untuk kali ini dokter printer akan share kepada anda anda semua tentang macam-macam kode error printer MP287 dan tentunya bagaiman cara mengatasinya : 
1. E02 : Printer kehabisan kertas (Print is out of paper) atau bisa juga kertas tidak masuk dengan baik
    - Cara mengatasi : Kasih kertas dan tempatkan dengan baik.
2. E03 : Kertas macet atau tempat keluarnya kertas tertutup.
    - Cara mengatasi : Tempatkan kertas dengan baik pada posisinya atau buka tempat kelauanya kertas kalua masih tertutup.
3. E04 atau E05 : Katrid anda tidak terdeteksi atau tidak dikenali oleh printer (The fine catridge cannot be recognized), atau bisa juga katrid kotor karena kena luberan tinta/
      - Cara mengatasi : Ambil katrid kalau terkena tinta pada pin nya bersihkan dengan tisu dikasih alkohol 70% kemudian pasang lagi dengan posisi yang pas.
4.E07 : Katrid tidak terpasang dalam posisi yang benar pada posisinya (The Fine Catridge is not installed in the Correct Position)
     - Cara mengatasi : Periksa apakah catrid hitam dan warna sudah terpasang pada posisinya dengan benar.

5. E08 : Ink Absorber is Almost Full atau dalam bahasa kita telah tercapai batas maksimal pencetakan.
     - Cara mengatasi : Printer harus kita set ke (0) untuk caranya bisa Lihat disini

6. E13 : The Remaining Ink Level cannot be detected atau bisa diartikan bahwa indikator tinta kita telah habis atau istilah lain RUN OUT.
     - Cara mengatasi : Tekan tombol STOP/RESET selama kurung lebih 10detik.

7. E14 : Katrid tidak dikenali atau terdeteksi (The Fine Catridge cannot be Recognized).
    - Cara mengatasi : Coba dilihat katrid apakah ada tinta luber di pin dan bersihkan, tapi kalau tidak catrid wafat ganti katrid lama dengan yang baru.

8. E15 : Katrid tidak dikenali atau terdeteksi (The Fine Catridge cannot be Recognized).
9. E16 : The Ink has Run Out.
     -  Cara mengatasi : Tekan tombol STOP/RESET selama 10 detik.

10. E30 : Dokumen terlalu kecil ketika "Fit Copying is Selected".
    - Cara mengatasi : Periksa domuken pada kaca scanner.

11. E31 : Printer tidak tersambung dengan komputer (The printer is not connected with computer).
       -  Cara mengatasi : Cek kabel dan sambungkan kabel printer ke perangkat komputer atau ganti kabel printer dengan yang baru.

12. E50 : indikasi Scanning the print Head Alignmen sheet has failed.
      -  Cara mengatasi : tekan tombol STOP/RESET dan pastikan kertas yang dimuat sesuai dengan print head alignment dan kertas dalam posisi yang benar dan tidak kotor.

Kemudian ketika lampu printer anda Blingking warna hijau dan lampu Alarm blingking berwarna orange bergantian biasanya di disply lcd printer akan menampilkan ketarangan dibawah ini :

1. P02 : Batalkan pencetakan dan matikan printer anda kemudian liat apakah di mekanik printer kotor atau ada sobekan kertas tersangkut, kalau ada ambil dan bersihkan, atau kemungkinan yang lain katrid anda rusak dan perlu penggantian.

2. P10 : Matikan printer dan hidupkan kembali, kalau tidak mau perlu untuk Opname dan dengan analisa ahlinya.

Sekian Penjelasan tentang kode kode error pada printerMP287 serta bagaimana cara mengatasinya, Penulis berharap Arikel ini bisa bermanfaat dan bisa difahami, Akhirnya sampai jumpa lagi di artikel dokter printer lainnya, Wassalamu'alaykum.......

Komentar

  1. Terimakasih, artikelnya sangat membantu sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama",senang sekali rasanya bisa membantu :)
      Terimakasih sdh berkenan untuk mampir,semoga anda merasa nyaman :)

      Hapus
  2. saya mau bertanya,, jika printer saat pertama narik kertas diam sejenak setelah itu lanjut lagi,, setelah kira2 dua baris diam lagi,, dan lanjut lagi,, jalan kertas seperti tidak normal,, apa penyebabnya ya?? mohon bantuannya.. canon mp287

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mbak Munisa Rusadi : menurut pengalaman saya itu disebabkan karena ada salah satu katrid yang bermasalah mbak. Coba mbak nya lakukan langkah-langkah berikut ini :

      1. Mbak Munisah ambil katridnya dan cek apakah di bagian pin katrid yang terbuat dari tembaga itu ada cipratan tinta apa g? jika ada bersihkan dengan tisu dengan dibasahin sedikit alkohol 70% (bisa dibeli di apotik) kemudian di usap pelan-pelan sampai bersih. Setelah itu pasang kembali katrid dan lakukan pengetesan, jika masih sama lakukan langkah ke dua.

      2. Lakukan penggantian salah satu katrid, untuk langkah ini mbk bisa pinjam dulu katrid punya teman yang terbukti bagus, lakukan eksperimen dengan mengganti katrid warna kita dengan katrid warna punya teman, kemudian lakukan pengetesan. Jika berhasil berarti katrid warna yang bermasalah dan lakukan penggantian dengan yang baru. kalau belum berhasil gantian yang hitam kita coba ganti pakai punya teman. Hal ini kita lakukan untuk memastikan katrid mana yang bermasalah.
      Itu menurut pengalaman saya mbk ketika menghadapi masalalah yang sama seperti apa yang mbak ceritain di atas. Semoga bisa membantu. Dan terimaaa kasih banyak telah berkenan mampir di blog kecil yang belum terkenal-terkenal juga ini, he he he... :)

      Hapus
  3. Mksh bnyk , ijin mengamalkan njeh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mjf Habib : Monggo pak, semoga bermafaat :)

      Hapus
  4. Kalo dipake foto copy, tinta hitam gk keluar tapi kalo print biasa bisa ...itu gmana ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Seniman : Coba utak-atik settingannya gan

      Hapus
  5. Alhamdulillah, trmksh sgt membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nel Halim : Alhamdullillah, sama" pak, senang bisa berbagi ilmu dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Terimkasih ya atas kunjungannya :)

      Hapus
  6. Langsung saja, saya habis isi ulang tinta tp yg saya beli tdak sesuai dg yg tertera pada printer dan hasil.nya putus2. Apa kah ngaruh hal seperti itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Unknown : Bisa mas/mbak. kalau kita refill/isi tinta usahakan bertahan dengan satu merk karena setiap merk tinta berbeda-beda tingkat keenceran atau kekentalannya. kalau terpaksa ganti merk tinta usahakan di kuras dulu katridnya biar tidak nyampur.

      Hapus
    2. Thanks atas kunjungannya yach :)

      Hapus
  7. Maaf mau nanya, saya baru beli canon pixma mp287 begitu di coba di rumah saat print itu tidak normal bahkan hasil print hanya kop surat saja yang bisa keprintnya, itu masalahnya kenapa ya?
    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih.

    BalasHapus
  8. Maaf sy mau tanya,sy baru beli printer mp 287 baru beberapa kali pemakaian ini kok kalau buat fotocopy bisa tp untuk ngeprint diatas komputernya ada tulisan error printing,the printer couldnt print..kira2 cara ngatasinnya bagaimana yaa?terimakasih

    BalasHapus
  9. Maaf sy mau tanya,sy baru beli printer mp 287 baru beberapa kali pemakaian ini kok kalau buat fotocopy bisa tp untuk ngeprint diatas komputernya ada tulisan error printing,the printer couldnt print..kira2 cara ngatasinnya bagaimana yaa?terimakasih

    BalasHapus
  10. saya mau tanya gan...printer mp287 saya kog tidak bisa di pakai buat fotocopy ya

    BalasHapus
  11. Saya mau tanya. Kalo lampo black ink dan color inknya kedap-kedip terus secara bersamaan itu kenapa ya? Terus cara ngatasinya gimana? Soalnya tinta masih penuh

    BalasHapus
  12. Kalo angka 1 trus klip klip lampunya, knp dan gmn atasinya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Berhasil Menghapus Secured by Kaspersky Internet Security 2017

Cara Terbaru dan Berhasil Reset Level Ink Epson L300

Free Download Driver Canon G2010 For Windows 7/8/10